Kamis, 22 Maret 2018

Pengantar Teori Game



Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas Pengantar Teori Game,

Teori Pada Game

1.       MINIMAX
 Sebuah prosedur pencarian yg melihat kedepan, memperhatikan apa yg akan terjadi, kemudian yang digunakan untuk memilih langkah berikutnya.
  1. ALPHA-BETA PRUNING
 Algoritma ini merupakan improvisasi dari algoritma minimax. Algoritma ini untuk meningkatkan efisiensi fungsi minimax dalam hal pencarian, kemudian fungsi evaluasi ditambahkan sepasang nilai alpha dan beta.
  1. FUZZY
 Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean. Sistem fuzzy atau logika fuzzy adalah salah satu bahasa soft computing yang memiliki karakteristik dan keunggulan dalam menangani permasalahan yang bersifat ketidakpastian dan kebenaran parsial. Logika fuzzy merupakan pengembangan dari logika boolean yang hanya memiliki nilai true (1) atau false (0).
  1. ALGORITMA GENETIKA
 Algoritma genetika adalah algoritma yang berusaha menerapkan pemahaman mengenai evolusi alamiah pada tugas-tugas pemecahanmasalah (problem solving). Pendekatan yang diambil oleh algoritma ini adalah dengan menggabungkan secara acak berbagai pilihan solusi terbaik di dalam suatu kumpulan (populasi) untuk mendapatkan generasi solusi terbaik berikutnya yaitu pada suatu kondisi yang memaksimalkan kecocokannya atau lazim disebut fitness.
  1. ALGORITMA AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE)
 Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan cabang terpenting dalam dunia computer yang membuat agar mesin (computer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awalnya diciptakan computer hanya berfungsi sebagai alat hitung. Tapi sekarang peran computer makin mendominasi kehidupan manusia. Komputer di harapkan data diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang biasa dikerjakan oleh manusia.




Berikut contoh penerapan teori pada aplikasi game:
1.      SNAKE
            Game ini adalah sebuah game dengan tokoh utama seekor ular. Tugas dari ular ini adalah mengejar mangsa dan memakannya, semakin banyak ular memakan mangsa maka akan semakin panjang pula tubuh ular tersebut. Dan panjang ular ini yang menentukan skor yang kita dapat nanti.
            Game ini menggunakan algoritma kecerdasan buatan atau MINIMAX. Game ini menempatkan MINIMAX pada mangsa si ular yang saat setiap ular ini memangsa maka mangsa akan berpindah tempat dari tempat semula ular itu memakannnya.
2.      TEKKEN
            Game ini adalah game pertarungan antara dua karakter. Game ini memiliki tujuan mengalahkan lawan main kita dengan cara menghabiskan darah lawan sampai darah lawan mencapai nilai nol atau habis. Kita dapat menghabiskan darah lawan dengan menyerangnya dengan pukulan biasa atau menggunakan jurus yang dimiliki karakter.
            Biasanya karakter dapat dimainkan oleh dua orang pemain maupun satu orang pemain melawan computer. Pada konsep ketika melawan computer atau bias disebut bot, teori game yang digunakan mulai terlihat yaitu AI atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan memungkinkan bot untuk mengambil langkah sediri untuk melawan kita sebagai musuhnya dan juga memungkinkan bot berfikir langkah apa yang harus diambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar