Artikel ini saya
buat untuk memenuhi tugas Pengantar Teori Game,
Teori Pada Game
1.
MINIMAX
Sebuah prosedur pencarian yg melihat kedepan,
memperhatikan apa yg akan terjadi, kemudian yang digunakan untuk memilih
langkah berikutnya.
- ALPHA-BETA PRUNING
Algoritma ini merupakan improvisasi dari
algoritma minimax. Algoritma ini untuk meningkatkan efisiensi fungsi minimax
dalam hal pencarian, kemudian fungsi evaluasi ditambahkan sepasang nilai alpha
dan beta.
- FUZZY
Logika fuzzy merupakan pengembangan dari
logika boolean. Sistem fuzzy atau logika fuzzy adalah salah satu bahasa soft
computing yang memiliki karakteristik dan keunggulan dalam menangani
permasalahan yang bersifat ketidakpastian dan kebenaran parsial. Logika fuzzy
merupakan pengembangan dari logika boolean yang hanya memiliki nilai true (1)
atau false (0).
- ALGORITMA GENETIKA
Algoritma genetika
adalah algoritma yang berusaha menerapkan pemahaman mengenai evolusi alamiah
pada tugas-tugas pemecahanmasalah (problem solving). Pendekatan yang diambil
oleh algoritma ini adalah dengan menggabungkan secara acak berbagai pilihan
solusi terbaik di dalam suatu kumpulan (populasi) untuk mendapatkan generasi
solusi terbaik berikutnya yaitu pada suatu kondisi yang memaksimalkan
kecocokannya atau lazim disebut fitness.
- ALGORITMA AI (ARTIFICIAL INTELEGENCE)
Kecerdasan Buatan
(Artificial Intelligence) merupakan cabang terpenting dalam dunia computer yang
membuat agar mesin (computer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang
dilakukan manusia. Pada awalnya diciptakan computer hanya berfungsi sebagai
alat hitung. Tapi sekarang peran computer makin mendominasi kehidupan manusia.
Komputer di harapkan data diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang
biasa dikerjakan oleh manusia.
Dikutip dari
: https://www.dictio.id/t/algoritma-seperti-apa-yang-sesuai-untuk-membuat-sebuah-aplikasi-atau-game/13229/2
Berikut contoh
penerapan teori pada aplikasi game:
1.
SNAKE
Game
ini adalah sebuah game dengan tokoh utama seekor ular. Tugas dari ular ini
adalah mengejar mangsa dan memakannya, semakin banyak ular memakan mangsa maka
akan semakin panjang pula tubuh ular tersebut. Dan panjang ular ini yang
menentukan skor yang kita dapat nanti.
Game
ini menggunakan algoritma kecerdasan buatan atau MINIMAX. Game ini menempatkan
MINIMAX pada mangsa si ular yang saat setiap ular ini memangsa maka mangsa akan
berpindah tempat dari tempat semula ular itu memakannnya.
2.
TEKKEN
Game
ini adalah game pertarungan antara dua karakter. Game ini memiliki tujuan
mengalahkan lawan main kita dengan cara menghabiskan darah lawan sampai darah
lawan mencapai nilai nol atau habis. Kita dapat menghabiskan darah lawan dengan
menyerangnya dengan pukulan biasa atau menggunakan jurus yang dimiliki
karakter.
Biasanya
karakter dapat dimainkan oleh dua orang pemain maupun satu orang pemain melawan
computer. Pada konsep ketika melawan computer atau bias disebut bot, teori game
yang digunakan mulai terlihat yaitu AI atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan
memungkinkan bot untuk mengambil langkah sediri untuk melawan kita sebagai
musuhnya dan juga memungkinkan bot berfikir langkah apa yang harus diambil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar